Friday 16 January 2009

Masa Haid yang Normal

Saya mengalami problem datang bulan yang tidak teratur, biasanya 2-3 bulan sekali baru haid lagi. Kalaupun haid, itu hanya 3-4 hari. Padahal, dulu bisa sampai satu minggu. Pertanyaan saya, Dok, masa haid yang normal itu berapa hari? Kedua, apa yang dimaksud indung telur buntu? Ketiga, berapa persen kemungkinan untuk bisa hamil apabila tubannya sudah ditutup?
Bu Atri

Jawaban
Kalau haid tidak teratur, 2-3 bulan sekali, di mana sebelumnya normal, berarti ada gangguan hormon. Keseimbangan hormon yang tidak terjaga ini yang bisa menyebabkan perubahan siklus haid.
Memang hampir semua orang tidak mutlak haid setiap 20 hari, 28 hari, atau tiap satu bulan atau dua bulan. Tidak harus tepat waktu. Kadang molor 1-2 hari, kadang maju 1-2 hari, itu masih dalam variasi-variasi normal. Tapi kalau sebelumnya tiap bulan datang, lalu sekarang muncul 2-3 bulan baru muncul lagi, berarti ada ketidak-seimbangan hormonal.
Masa haid yang normal itu sekitar 5-7 hari. Kurang satu atau lebih satu-dua hari tidak masalah, masih dalam variasi-variasi normal.
Mengenai indung telur yang buntu, tersumbat karena apa? Kalau indung telur tidak ada yang mengganggu, tidak akan menyebabkan kebuntuan seperti itu. Biasanya yang menyebabkan sumbatan adalah tumor, baik tumor di luar yang menekan atau yang di dalam saluran itu sendiri, berupa benjolan, sehingga menekan saluran telur dan tubanya tertekan. Ini yang biasanya menyebabkan tidak sampainya sel telur ke dalam rahim.
Pertanyaan terakhir, kemungkinan untuk bisa hamil walau tuba sudah ditutup? Kalau tuba itu ditutup dan hasil penutupan bagus, maka secara teori tidak bisa hamil karena sel telur tidak akan pernah sampai ke rahim.
Ada dua penutupan tuba. Ada yang hanya ditutup sementara atau diikat – ini metode KB -, ada pula yang dipotong lalu dijahit. Kalau hanya sekedar diikat, masih bisa dibuka. Tapi bila dipotong dan dijahit secara permanen, tingkat keberhasilan pada saat dibuka kembali sudah sangat rendah. Bisa terjadi perlengketan.
Biasanya cara itu digunakan pada mereka yang sudah benar-benar mantap untuk menjalani KB, makanya disebut kontrasepsi mantap karena sulit lagi untuk mendapatkan keturunan. Untuk itu, harus dengan pertimbangan yang benar-benar matang. Misalnya berdasarkan pertimbangan faktor usia, dalam artian sudah tidak lagi pada fase-fase usia subur. Karena kalau masih usia subur dan anak baru satu, lalu tiba-tiba anaknya itu meninggal, maka tidak ada keturunannya lagi.

2 comments:

  1. apakah haid hanya 2-3 hari saja itu normal yah.,
    atau ada masalah nya.,
    tolong kasih tahu jawaban nya,., terimakasih...

    ReplyDelete
  2. Assalammu'alaikum.. Dok, sy mau nanya " sy hbs sesar sekaligus steril, skarang sdh dua bulan, pertanyaanya skarang sy sdh satu kali melakukan hubungan intim sm suami sy namun di bagian dalam fagina sy terasa nyeri. Apakah ini efek dari steril? Lalu apa solusinya? Mohon jawabanya Dok.. Terimakasih

    ReplyDelete

Followers