Friday 16 January 2009

Dampak Menggugurkan Kandungan

Saya berusia 25 tahun dan sudah menikah. Yang ingin saya tanyakan, menggugurkan kandungan, meskipun baru tanda-tanda kehamilan, apa ada efek sampingannya, Dok?
Ira di MU

Jawaban
Pertanyaan seperti ini sering ditanyakan oleh pasangan-pasangan muda, mungkin ada beberapa alternatif alasan. Alasan yang paling riil adalah ingin menunda dulu kehamilan demi karier, dan biasanya juga tuntutan dari tempat kerja.
Resiko menggugurkan kandungan sangat besar. Yang pertama, pada saat terjadinya kehamilan, kita tidak pernah tahu apakah rhesusnya kita dengan pasangan sesuai atau tidak. Sehingga ketika terjadi kehamilan, bisa jadi itu yang pertama dan terakhir keturunan kita. Kalau ada berikutnya, selalu ditolak karena reaksi penolakan dari tubuh. Ini dari rhesus golongan darah. Kalau kita gugurkan, berarti kemungkinan untuk mendapatkan keturunan berikutnya sudah sangat sulit.
Kedua, setiap tindakan, jangankan yang tidak steril, tindakan medis saja masih tetap punya resiko meskipun resikonya lebih minim ketimbang tindakan-tindakan yang tidak steril. Inipun saya pikir tidak ada dokter yang akan melakukan tindakan pengguguran tanpa indikasi dari resiko masalah hidup orang tua/ibunya.
Jadi kalau hanya karena alasan karier, tidak ada dokter yang mau melakukan karena yang akan dikeluarkan adalah nyawa, meskipun baru tanda-tanda terjadinya kehamilan. Makanya, paling sering pengguguran itu dilakukan secara ilegal. Biasanya tindakannya tidak steril, sehingga resiko terjadinya infeksi pada rahim sangat besar. Resiko kematian mungkin bisa diatasi, tapi resiko infeksi pada rahim, bagaimana mendapatkan keturunan berikutnya, sudah sangat sulit. Ada orang yang pernah melakukan aborsi kesulitan mendapatkan keturunan lagi meski telah berobat kesana kemari, karena rahimnya tidak bisa menerima hasil pembuahan.

13 comments:

  1. dok klu aku susah banget dan harus dgn langkah ngegugurin… di islam kan ngk boleh nikah yang beda akidahhh nah klu maslah saya ini. aku dan pacar aku beda akidah. menurt dok gmn????? ngk mungkin juga aku ikut dgn dya.. bgtu juga dgn dya…. mode on stress minta ampoen… ekhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu..

    ReplyDelete
  2. tapi tentunya tidak harus dengan menggugurkan kehamilan... ingat bahwa itu adalah anak dan darah daging anda... nah pertanyaan saya : apakah anda sebagai seorang ibu tega menyakiti anak anda apalagi sampai membunuhnya?

    ReplyDelete
  3. maaf dokter saya waktu itu pernah seprti itu, tapi kenapa yach sekarang klo buang air kecil sakit kaya anyang2
    trus masi ngefelk, lo cape perutnya sakit banget, sampe pinggang sakinya

    ReplyDelete
  4. selamat mlm dok, saya mo tanya keadaan saya sekarang sudah mempunya ank 1 , saya juga memakai pil kb smpai tgl 17 november 2010,mens terakhir sya tgl 9 november 2010.saya memamkai kb suntik tgl 24 november 2010. tapi dari tgl 17 - 24 november 2010 saya ml sm suami saya di kluarkan di luar. kira2 saya bisa hamil tidak?

    ReplyDelete
  5. kalau seandainya saya hamil, bisa tidak suntik kb itu menggagalkan kehamilan saya????
    mohon jawabanya ya dok... terima kasih

    ReplyDelete
  6. DOK KLW MENGUGURKAN KANDUNGAN MELALUI DUKUN URUT SEPERTIM PA IIA DOK TLONG
    INFINYA IIA DOK
    THX

    ReplyDelete
  7. dok kalau menggugurkan kandungan melalui dukun uru itu dampaknya pa iia dok
    tolong infonya iia dok
    thx

    ReplyDelete
  8. ke imel qu ja
    the_kohoc@yahoo.co.id
    nama qu eka
    thx bgt
    tolong bgt iia dok
    pliiiiiz !!!!

    ReplyDelete
  9. dok saya mau nanya...
    sya habis melakukan hbungan intim,, tpi maklum bru yg pertama....
    trus, sluru bagian venis tidak masuk semua,bleh dikata cman sebagian saja....
    tapi terjadi ejakulasi...
    apakah ini bisa mengakibatkan kehamilan juga dok........??????

    ReplyDelete
  10. dok bagaimana jika telah mencoba untuk menggugurkan kandungan dg obat2 dan sejenis yang tidak steril namun akhirnya tidak berhasil.dan keputusannya tetap melanjutkan kehamilan. apakah akan berdampak buruk bagi janin nanti jika telah lahir dok? tolong dijawab ya dok.

    ReplyDelete
  11. Mlm dok... sya mau tnya nh sya dha prnh keguguran tp sya dha haid lg akn tetapi stelah itu kaki sya terasa sakit kalau d lipat dlm wktu yg lma, apkh itu bnr sya amil lg.... tlnk d bls

    ReplyDelete

Followers