Friday 16 January 2009

Makanan untuk Meningkatkan Hormon

Dok, saya mau nanya, jenis makanan apa saja yang bisa meningkatkan hormon pada pria?
Andy di Tanjung

Jawaban
Hampir tidak ada makanan yang menghasilkan hormon secara langsung, tapi dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein tinggi, terutama yang protein nabati, sangat mempengaruhi kualitas pembentukan hormon pada kelenjar. Jadi, biasakan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein tinggi - bukan makanan-makanan yang mengandung lemak yang tinggi -, terutama protein-protein nabati, karena bisa membentuk asam amino dan mempengaruhi produksi hormon pada kelenjar.
Yang dominan pada pria adalah hormon androgen. Ada juga hormon estrogen, tapi yang dominan adalah androgen. Berbeda dengan wanita, hormon estrogen yang dominan. Androgen pada wanita tetap ada tapi dalam kadar yang sangat sedikit. Namun yang sedikit itu yang membentuk karakter.
Wanita yang kandungan hormon androgennya lebih tinggi, bisa kita lihat sifat kelaki-lakian yang membentuk dia. Salah satu gejala tingginya kadar hormon androgen adalah tumbuhnya rambut atau bulu-bulu halus di bagian-bagian tubuh seperti kumis, tangan dan kaki. Itu menunjukkan kadar hormon androgennya sedikit agak tinggi, tapi tetap tidak sama dengan hormon pria.

1 comment:

  1. Thx dokter....
    Dok...saya mau tanya.....hormon esterogen atau androgen pd wanita apakah dapat membentuk sifat diri(bkn secara fisik)....
    Terima kasih dokter

    ReplyDelete

Followers