Friday 16 January 2009

Keputihan Ganggu Hubungan Intim

Saya mengalami masalah keputihan yang tidak pernah berhenti. Saya sudah berobat di rumah sakit, tapi sampai sekarang belum juga sembuh. Ini sangat mengganggu, apalagi saat berhubungan intim. Yang ingin saya tanyakan, apa kira-kira penyebabnya, dan apakah berpengaruh terhadap usaha memiliki keturunan?
Indah di Sungguminasa

Jawaban
Kalau memang pernah berobat di rumah sakit, apakah sudah pernah diperiksa papsmear, diambil sampel lendirnya lalu diperiksa di laboratorium? Kalau pemeriksaan ini sudah dilakukan tapi masih belum bisa teratasi, coba dilakukan tes pemeriksaan sensitivitas. Dalam hal ini, lendirnya tadi diperiksa jenis bakteri yang ada di dalam atau jenis penyebab yang ada di dalam, lalu di-tes dengan obat yang cocok di laboratorium. Obat inilah nanti yang akan diberikan kepada ibu supaya bisa diatasi.
Apakah berpengaruh terhadap usaha memiliki keturunan? Kita harus tahu dulu faktor penyebab terjadinya keputihan ini dari mana. Kalau hanya sekedar keputihan, saya pikir tidak terlalu bermasalah karena keputihan hanya terjadi di Miss Jelita, bukan pada rahim, bukan pada indung telur. Kecuali kalau faktor penyebab keputihannya dari dalam, ini yang bisa mengganggu.

No comments:

Post a Comment

Followers